Penulis / NIM
NURWULAN AKUBA / 421416022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
ABSTRAK
Nurwulan Akuba, 2020. Perancangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII. Skripsi. Pendidikan fisika, jurusan fisika, fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Bapak Prof. Dr. Mursalin, M.Si dan pembimbing 2 bapak Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Sc.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA menggunakan model Problem Based Learning yang valid pada materi Getaran dan Gelombang, yang dilakukan di Univeristas Negeri Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D) dengan desain Four-D meliputi tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development) dan tahap penyebaran (disseminate) yang dikemukakan oleh Thiangrajan. Dalam penelitian ini, hanya dibatasi pada tahap pengembangan (development) yaitu dengan memvalidasi hasil perancangan perangkat pembelajaran menggunakan model problem based learning pada materi getaran dan gelombang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan lembar validasi ahli oleh dosen jurusan fisika, Universitas Negeri Gorontalo. Perangkat pembelajaran yang dirancang yaitu berupa Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), Lembar kegiatan peseta didik (LKPD) dan Tes hasil belajar (THB). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi getaran dan gelombang di kelas VIII dengan karakteristik kurikulum 2013 dirancang berdasarkan komponen pembelajaran scientific dengan model Problem based learning (PBL) disertai metode demonstrasi, eksperimen, dan diskusi. Pada awal kegiatan pembelajaran, peneliti memberikan teori kepada peserta didik untuk membangun peserta didik dalam merumuskan masalah. Hasil validasi ahli memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase pada rencana pelaksanaan pembelajaran sebesar 90%, lembar kegiatan peserta didik sebesar 89% dan tes hasil belajar sebesar 94% dengan aspek penilaian isi, keterbacaan, bahasa dan penampilan.
Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, Problem Based Learning .
Download berkas