SKRIPSI

Penulis / NIM
NURUL A SUPU / 421416024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK Nurul A Supu. 421416024. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Berbasis Google Classroom Dan Google Meet Dengan Implementasi Inquiry Based Learning Dalam Konsep Elastisitas Benda Dan Hukum Hooke Terhadap Minat Belajar Siswa. Dibimbing oleh Asri Arbie dan Abdul Wahidin Nuayi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai apakah terdapat pengaruh pada penerapan pembelajaran menggunakan media sosial berupa Facebook dan WhatsApp dengan berbasis Google Classroom dan Google Meet dalam pembelajaran fisika terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Suwawa tahun ajaran 2020/2021, yang melibatkan empat kelas pada kelas XI IPA semester Ganjil 2020/2021 dengan satu kelas sebagai kelas eksperiman dan ketiga kelas lainnya sebagai kelas replikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-eksperimental dan desain One Groups Pretest-Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, data yang terkumpul berdasarkan dengan kriteria ketentuan minimum (KKM) yaitu 73. Dari hasil uji hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh thitung 5.85 dan ttabel 1.72, kelas replikasi 1 diperoleh thitung 7.53 dan ttabel 1.71, kelas replikasi 2 diperoleh thitung 9.64 dan ttabel 1.73, kelas replikasi 3 diperoleh thitung 1.83 dan ttabel 1.75, dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak dan H0 diterima. Hasil uji N-gain untuk mengetahui skor hasil peningkatan minat siswa, pada kelas eksperimen diperoleh 0.48, kelas replikasi 1 diperoleh 0.33, kelas replikasi 2 diperoleh 0.31 dan kelas replikasi 3 diperoleh skor 0.34, dapat dilihat peningkatan untuk kelas eksperimen dan ketiga kelas replikasi yang hasilnya tidak jauh berbeda. Selanjutnya hasil skor uji Effect Size kelas eksperimen diperoleh 1.34, kelas replikasi 1 diperoleh 1.22, kelas replikasi 2 diperoleh 1.35, dan kelas replikasi 3 diperoleh 1.14 dengan kriteria Strong Effect. Hal ini menunjukkan bahwa setiap kelas memiliki keefektifan dari perlakuan yang telah diberikan. Dengan demikian, penerapan pembelajaran menggunakan media sosial berbasis Google Classroom dan Google Meet berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa paling rendah sebesar 73. Kata Kunci: Media Sosial, Google Classroom, Google Meet, Minat Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011