Penulis / NIM
INDRAWAN H. ABJUL / 421416025
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. rer.nat MOHAMAD JAHJA, M.Si / 0017027401
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Indrawan H. Abdjul. 2021. Pengaruh Penerapan Microsoft Teams Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Materi Getaran Harmonis. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. rer. nat. Mohamad Jahja, M.Si dan pembimbing II Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Microsoft teams terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada materi getaran harmonis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen. Adapun tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Popayato kelas XI dengan subjek penelitian XI IPA 1 dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas XI IPA 3 dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data pemecahan masalah siswa dilakukan berdasarkan penilaian hasil tes oleh peserta didik. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel dengan taraf nyata ����¯�¿�½������± = 0,05, Maka H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Microsoft teams dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan whatsapp. Dilihat dari rata-rata skor siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan Microsoft Teams pada model pembelajaran Problem Based Learning.
Download berkas