Penulis / NIM
MOH. APANDI G. JAAPAR / 421416030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
Moh Apandi G. Jaapar. 2020. Pengaruh Model Pembelajran Discovery Learning Berbantuan Media Crossword Puzzle Berbasis Android Terhadap Pemahaman Konsep Getaran, Gelombang dan Bunyi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Abdul Haris Odja, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Trisnawaty J. Buhungo, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media crossword puzzle berbasis android guna untuk melihat pemahaman konsep fisika pada mata pelajaran IPA. Pengaruh ini dapat dilihat dari mampu atau tidaknya peserta didik untuk mecapai kriteria ketuntasan minimal. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan One GrupsPretest-postest Design Data yang diperoleh berupa hasil belajar yang disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep fisika menggunakan lembar tes pilihan ganda. Berdasarkan analisis gain diperoleh rata-rata pretest 28,75 % dan postest 84,75 % dengan gain yang ternormalisasi sebesar 0,78 masuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan program aplikasi SPSS diperoleh sig. (2-tilled) 0,000, karena 0,000 besar dari 0,05 maka hipotesis diterima, artinya memiliki perbedaan sebelum dan setelah diterapkanya pembelajaan Discovery Learning Berbantuan Media Crossword Puzzle Berbasis Android. Hal ini menunjukan pembelajaran discovery learning berbantuan media crossword puzzle berbasis android berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik.
Kata Kunci : Discovery Learning, Crossword Puzzle, Pemahaman Konsep Fisika
Download berkas