Penulis / NIM
FADHLUL HAQ / 421416031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
Fadhlul Haq, 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Classroom dan WhatsApp untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abdul Harsi Odja, M.Pd, dan Pembimbing 2 Citron S. Payu, S.Pd, M.Pd
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui pengunaan model pembelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Classroom dan WhatsApp. Pengaruh ini dapat dilihat dari mampu atau tidaknya siswa untuk mencapai kriteria ketuntasan minimal. penelitian yang diterapkan yaitu kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen serta menggunakan One Group Pretest Postes Design sebagai desain penelitian. Adapun tempat pelaksanaannya di SMP Negeri 5 Gorontalo semester genap tahun ajaran 2020/2021, dengan subjek penelitian kelas VIII IPA dengan jumlah peserta didik 20 orang. Data analisis gain diperoleh rata-rata pretest 32.5 % dan diperoleh berupa hasil belajar yang disusun berdasarkan indikator menggunakan lembar tes pilihan ganda postes 77 % dengan gain yang ternormalisasi sebesar 0.68 masuk dalam kriteria sedang. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan program aplikasi SPSS diperoleh sig. (2-tilled) 0,000. karena 0,000besar dari 0,05 maka hipotesis diterima, artinya memiliki perbedaan sebelum dan setelah diterapkannya pembelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Clasroom dan WhatsApp. Hal ini menunjukkan embelajaran Think Pair Share Online Berbantuan Google Clasroom dan WhatsApp pada materi getaran di SMP berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Think Pair Share Online, Google Classroom, WhatsApp, Hasil Belajar
Download berkas