Penulis / NIM
FATMAWATI I. LINGGILE / 421416033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Pembimbing 2 / NIDN
CITRON S PAYU, S.Pd, M.Pd / 0024047403
Abstrak
ABSTRAK
Fatmawati I. Linggile. 2022. Ã"Pengaruh Penerapan Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Tolangohula. Program studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Supartin, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Citron S. Payu, SP.d, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning bebasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi Gelombang bunyi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode Penelitian yang digunakan yaitu eksperimen menggunakan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Tempat pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Boliyohuto di kelas XI IPA 1 dengan jumlah 25 siswa, kelas XI IPA 2 dengan jumlah 26 siswa, kelas XI IPA 4 dengan jumlah 27 siswa. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan hasil test. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji hipotesis dan uji n-gain. Berdasarkan pengujian hipotesis pada kelas eksperimen diperoleh thitung 5,97 dan ttabel 2,78, Kelas replikasi 1 di peroleh thitung 7,76 dan ttabel 2,77, dan kelas replikasi 2 di peroleh thitung 6,25 dan ttabel 2,77, maka hipotesis dari ketiga kelas H0 terima karena thitung ttabel. Hal ini terdapat pengaruh pada model pembelajaran discovery learning berbasis blended learning terhadap hasil belajar siswa pada materi gelombang bunyi dengan n-gain tinggi
Kata kunci : Discovery Learning, Blended Learning, Hasil belajar
Download berkas