Penulis / NIM
ISWANTO A. YUNUS / 421416034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
Iswanto A. Yunus. 421416034. Pengaruh Media Pembelajaran Crosword Puzzle Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Gelombang Bunyi Di SMAN 1 Boliyohuto. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Raghel Yunginger dan Pembimbing II Abdul Haris Odja.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran crosword puzzle dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan satu kelas (one samples) hanya kelas eksperimen dengan mengggunakan design One Group pretest posttest design. Dalam penelitian ini pembelajaran dilakukan tiga kali pertemuan secara daring dengan model pembelajaran discovery learning. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes essay hasil belajar. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis secara deskriptif yaitu uji normalitas, uji hipotesis dengan taraf signifikasnsi 5%. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan statistik parametrik uji t diperoleh t_Hitung ( 5.789 > �£ï¿½- t�£ï¿½-_tabel (2.024) dengan taraf nyata ���± = 0.05. dimana hipotesis satu (H_1) diterima. Hal ini menunjukan terdapat pengaruh hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran crosword puzzle dengan model discovery learning. Hasil ini juga ditunjukan dari peningkatan hasil belajar siswa pada tes posttest lebih tinggi dibandingkan pada tes pretest dengan rata-rata nilai sebesar 76.03% dan 65.71%. Dengan demikian penggunaan media crossword puzzle dengan model discovery learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Crossword Puzzle; Discovery Learning; Hasil Belajar
Download berkas