Penulis / NIM
NUR AZIZAH DJ. JUNUS / 421416035
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
Nur Azizah Dj. Junus. 2020. Deskripsi Strategi Pembelajaran Pada Anak Kesulitan Membaca (Disleksia) Dalam Pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo. Dibimbing oleh Masri Kudrat Umar dan Abd. Wahidin Nuayi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pada anak kesulitan membaca (disleksia) dalam pembelajaran IPA di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah dua siswa kesulitan membaca (disleksia) di kelas VII Paket B di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini yaitu terlihat karakteristik anak disleksia yaitu membaca kata demi kata, terjadi pengulangan saat membaca, kesulitan membaca kata ber-imbuhan, dan menambahkan, menyisipkan, mengganti, menghilangkan huruf atau kata ketika membaca. Adapun aspek-aspek kegiatan pelaksanaan pada proses pembelajaran IPA diperoleh bahwa terdapat indikasi strategi pembelajaran yang cenderung digunakan guru adalah strategi pembelajaran ekspositorik.
Kata kunci: Anak Kesulitan Membaca (Disleksia), Strategi Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Download berkas