Penulis / NIM
RIZKA AMALIAH ZAKARIA / 421416036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK
Rizka Amaliah Zakaria. 2020. Penerapan e-learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika Berbasis Nilai-Nilai Al-Quran. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Abdul Haris Odja Dan Pembimbing 2 Abd. Wahidin Nuayi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning berbasis nilai-nilai Al-Quran pada pembelajaran fisika terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan pendekatan kuantitatif serta menggunakan One Grup Pretest-postest Design. Data yang dikumpulkan adalah tes essay untuk mengukur hasil belajar peserta didik berdasarkan indikator C1 sampai C5. Berdasarkan analisis gain diperoleh rata-rata pretest 29 dan posttest 80 dengan gain ternomalisasi sebesar 0.72 termasuk dalam kriteria tinggi. Berdasarkan hipotesis diketahui bahwa hipotesis (Ho) diterima dan hipotesis (H1) ditolak. Hal ini menunjukan penerapan e-learning berbasis nilai-nilai Al-Quran berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika.
Kata Kunci : E-learning, Fisika Berbasis Nilai-nilai Al-Quran, Hasil Belajar
Download berkas