Penulis / NIM
NINIEK ASIH PRATIWI / 421416037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Abstrak
Niniek Asih Pratiwi, 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh integrasi pembelajaran fisika berbasis simulasi PhET dengan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kabila.. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi seluruh kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kabila berjumlah 6 kelas. Sampel pada penelitian ini ditentukan dengan non-probability sampling yaitu tidak menggunakan keseluruhan populasi untuk menjadi sampel, jadi sampel pada penelitian ini sebanyak 23 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrument tes dalam bentuk soal uraian atau essay. Soal essay yang diberikan melalui pretest dan posttest yang berjumlah 10 nomor yang telah dinyatakan valid oleh validator. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretest sebesar 25% dan posttest sebesar 80%. Berdasarkan data hasil hipotesis nilai thitung 7.35 ��¥ dari ttabel 1.71 yang berarti thitung ��¥ ttabel 1,71 dengan �± = 0.05. Maka H0 diterima.. N-gain ternormalisasi diperoleh sebesar 0,74 dengan kriteria tinggi, sehingga dari data yang diperoleh maka penggunaan Simulasi PhET dengan model discovery learning berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kabila.
Kata kunci: Simulasi PhET, Discovery learning, Hasil belajar
Download berkas