SKRIPSI

Penulis / NIM
MULIYANA S. NUPURA / 421416039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Abstrak
Muliyana S. Nupura. 2020. Pengaruh WhatsApp Berbasis Google Classroom Dan Google Meet Dengan Implementasi Model Inquiry Learning Dalam Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Mursalin dan Pembimbing 2 Asri Arbie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari pengaruh WhatsApp berbasisi Google Classroom dan Google Meet dengan implementasi model inquiry learning dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada masa pandemi Covid-19 dengan proses pembelajaran DARING, metode yang digunakan adalah metode Pra-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Suwawa tahun ajaran 2020/2021 dengan teknik pengambilan sampel sampling jenuh dan pemilihan kelas dilakukan secara acak, didapatkan siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen, kelas XI IPA 3 sebagai kelas replikasi 1, XI IPA 4 sebagai kelas replikasi 2 dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas replikasi 3. Intrumen penelitian ini berupa tes essai sebanyak 8 nomor tentang Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar dengan KKM sebesar 73. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui harga t hitung untuk masing-masing kelas eksperimen kelas replikasi 1, kelas replikasi 2 dan kelas replikasi 3 adalah 4.16, 3.089, 3.19, 3.386 lebih besar dari t tabel 1.705, 1.739, 1.71, 1.72, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan dari perlakuan. Berdasarkan analisi dari N-Gain dan effect size, diperoleh nilai N-Gain untuk keempat kelas berturut-turut 0.61, 0.59.0.59 dan 0.62 dengan kategori sedang, untuk nilai effect size diperoleh sebesar 1.9 dengan interprestasi strong effect. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat konsistensi dari perlakuan yang diberikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: WhatsApp, Google Classroom, Google Meet, Model Inquiry Learning, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011