Penulis / NIM
UMI KALSUM DJANO / 421416043
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
ABSTRAK
Umi Kalsum Djano. 2020. Deskripsi Strategi Pembelajaran pada Anak Tunalaras dalam Pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Masri Kudrat Umar dan Pembimbing 2 Trisnawaty J. Buhungo.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispsikan strategi pembelajaran pada anak tunalaras dalam pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu tiga anak tunalaras kelas VII Di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini terlihat perilaku anak tunalaras saat mata pelajaran IPA yaitu hiperaktif, mengumpat teman saat melakukan kesalahan, memiliki kontrol emosi yang rendah, memiliki perilaku kosentrasi mudah sekali terganggu dalam pembelajaran, dan sering berkata tidak sopan saat membuat kesalahan. Pada pelaksanaan pembelajaran IPA terlihat unsur pokok yaitu guru mempersiapkan peserta didik sebelum memulai pembelajaran, menyampaikan tujuan pembelajaran yang berstandar pada kemampuan berpikir tingkat rendah, topik materi disajikan secara berurutan, materi bersifat fakta, guru lebih mendominasi pada pembelajaran, dan penggunaan metode ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan strategi pembelajaran yang cenderung digunakan guru pada anak tunalaras dalam pembelajaran IPA di SKB Kota Gorontalo adalah strategi pembelajaran ekspositori.
Kata kunci: Anak Tunalaras, Strategi Pembelajaran, Ilmu Pengetahuan Alam
Download berkas