Penulis / NIM
NOVITA OINTU / 421416046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. NOVA ELYSIA NTOBUO, S.Pd, M.Pd / 0021038106
Abstrak
ABSTRAK
Novita Ointu, 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Jire pada Materi Momentum dan Impuls.Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Muhammad Yusuf dan Nova Elysia Ntobuo.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kolaboratif jire. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Posigadan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri Posigadan yang berjumlah 17 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model spiral Kemmis dan Taggart, dilaksanakan sebanyak I siklus dengan 3 kali pertemuan. Insrtumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 100% dengan jumlah siswa 17 orang, aktivitas siswa 87% mendapat kriteria sangat baik dan baik, keterlaksanaan pembelajaran 94,7% yang terlaksana. Hal ini menunjukan bahwa indikator keberhasilan pada siklus ini telah tercapai maka penelitian diakhiri pada siklus I, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran kolaboratif jire dapat meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Kolaboratif jire, hasil belajar.
Download berkas