SKRIPSI

Penulis / NIM
ILHAM EKA PRASETYA / 421417002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
Ilham Eka Prasetya. 2021. Deskripsi Tentang Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan PhET Simulation Pada Pembelajaran Daring Materi Gelombang di Kelas XI IPA SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pendidikan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Bapak Dr. Muhammad Yusuf, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Ibu Dr. Trisnawaty Junus Buhungo, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi belajar siswa terhadap penggunaan PhET Simulation pada pembelajaran daring materi gelombang di kelas XI IPA SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 9 orang siswa kelas XI IPA 1 SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo dengan kategori kemampuan akademik tinggi (T), sedang (S) dan rendah (R). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa terhadap penggunaan PhET Simulation pada pembelajaran daring materi gelombang di kelas XI IPA SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo, berdasarkan indikator motivasi intrinsik, indikator efikasi diri dan indikator kecemasan, siswa dengan kemampuan akademik tinggi (T) dan sedang (S) memiliki tingkat motivasi belajar yang terkategori sangat tinggi, sedangkan siswa dengan kemampuan akademik rendah (R) memiliki tingkat motivasi belajar yang terkategori tinggi. Berdasarkan indikator motivasi ekstrinsik, indikator tujuan pribadi dan indikator determinasi diri, siswa dengan kemampuan akademik tinggi (T), sedang (S) dan rendah (R) memiliki tingkat motivasi belajar yang terkategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa menjadi termotivasi dalam belajar karena adanya penggunaan PhET Simulation pada pembelajaran daring materi gelombang di kelas XI IPA SMA Terpadu Wira Bhakti Gorontalo dengan tingkat motivasi belajar yang terkategori sangat tinggi Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, PhET Simulation, Pembelajaran Daring
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011