SKRIPSI

Penulis / NIM
DWI OKTAVIANI / 421417003
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Dwi Oktaviani. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Inquiry Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Telegram dan Google Meet Pada Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Drs. Asri Arbie, M.Si dan Pembimbing II oleh Abd. Wahidin Nuayi, S.Pd., M.Si. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran Team Based Learning pada pembelajaran daring yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp dan diujicobakan di kelas XI SMA Negeri 3 Gorontalo dengan desain uji coba one group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) perangkat yang dikembangkan valid yang diperoleh melalui uji validitas konstruk; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukkan oleh pembelajaran terlaksana sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 92%, respon guru yang menyatakan perangkat pembelajaran Team Based Learning praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran, dan mayoritas peserta didik menyatakan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran Team Based Learning praktis untuk diterapkan dalam kelas; (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukkan oleh peserta didik yang aktif dalam pembelajaran dengan rata-rata persentase sebesar sebesar 83,12% (kategori baik), dan hasil belajar mengalami peningkatan dengan skor N-gain tes kelompok (tRAT) > tes individu (iRAT) untuk tiga kali pertemuan berada pada kategori â�Å"sedang�. Pada N-gain tes individu (iRAT) untuk pertemuan pertama hingga ketiga sebesar 0,60, 0,62, dan 0,51. Kemudian N-gain tes kelompok (tRAT) untuk pertemuan pertama hingga ketiga sebesar 0,64, 0,70, dan 0,60. Serta rata-rata persentase penilaian sikap sebesar 80,29% (kategori baik), dan rata-rata persentase penilaian sikap berdasarkan self assessment dan peer assessment sebesar 77,04% dan 72,48% (kategori baik). Kemudian untuk penilaian keterampilan kinerja diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,52% (kategori baik). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas. Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Team Based Learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011