SKRIPSI

Penulis / NIM
ANDI ISKANDAR / 421417006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Telah banyak penelitian yang menerapkan berbagai jenis model pembelajaran di sekolah, namun penelitian yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran belum banyak mendapatkan perhatian. Hal ini mungkin masih belum terlalu dipahami oleh sebagian pengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 2 Bolangitang Timur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 61 siswa. Sampel atau subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VII A dan VII B yang diambil menggunakan teknik quota sampling, di mana peneliti penambil jumlah sampel sesuai yang telah ditentukan.Penelitian ini menggunakan instrumen tes hasil belajar yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dan dokumentsi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisi data dalam mengolah data hasil penelitian menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inverensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Analisis uji-t pada taraf signifikan (�±=0,05) mendapatkan hasil di mana t0 = 2,24 ta = 2,02 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Rata-tata hasil n-gaim pada kelas eksperimen sebesar 0,46 dan pada kelas kontrol sebesar 0,35. Ini diartikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunkan model pembelajaran flipped classroom dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP N 2 Bolangitang Timur. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011