Penulis / NIM
DARIANI / 421417007
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Abstrak
Dariani, 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Problem Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Kesetimbangan dan Dinamika Rotasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Asri Arbie dan Pembimbing 2 Muhammad Yusuf.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga Biru, bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berkualitas dengan menggunakan pembelajaran Team Based Problem Learning. Perangkan yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dengan sedikit revisi, dilihat berdasarkan hasil rata-rata validasi dengan nilai 3,4-3,6 tingkat keefektifan perangkat pembelajaran dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga diperoleh N Gain iRAT 0,57, 0,63 dan 0,65 dengan kriteria N gain sedang, pada tRAT diperoleh N Gain 0,61, 0,64, dan 0,69 ranah sikap dengan rata-rata persentase sebesar 79,97%, serta rata-rata persentase pada ranah keterampilan sebesar 79,82%, dan hasil pengamatan aktivitas pesrta didik selama 3 kali pertemuan sebesar 80,89% dengan kriteria baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis dilihat berdasarkan rata-rata persentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan sebesar 85,71%, serta hasil angket respon guru dan peserta didik terkait pemggunaan perangkat pembelajaran pada proses pembelajaran luring mendapatkan respon yang positif.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pengembangan 4D, Team Based Problem Learning
Download berkas