Penulis / NIM
DARMANSYA A. MUSTAPA / 421417008
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Abstrak
Darmansya A. Mustapa. 2021. Pengembagan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning- Inquiry Pada Pembelajaran Daring Berbantuan WhatsApp Dan Zoom Meeting Pada Materi Gerak Lurus. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Asri Arbie dan Pembimbing 2 Trisnawaty J. Buhungo.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Telaga Biru kelas X MIPA3. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas dengan menggunakan model pembelajaran Team Based Learning-Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini menggnakan model pengembangan yang dimodifikasi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg dan Gall oleh Sukmadinata dan kawan-kawan yang terdiri tiga tahap, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, serta uji produk dan sosialisasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validasi keseluruhan perangkat pembelajaran dinyatakan valid dengan revisi kecil, 2) Kepraktisan perangkat pembelajaran ditentukan melalui persentase rata-rata keterlaksanaan pembelajaran empat kali pertemuan mencapai 97,22% dengan kriteria sangat baik serta respon guru dan peserta didik melalui angket memberikan respon positif, dan 3) Keefektifan perangkat pembelajaran ditentukan melalui persentase rata-rata aktivitas siswa empat kali pertemuan mencapai 86,60% dengan kriteria tinggi, peningkatan hasil belajar siswa untuk ranah kognitif secara individu pada pertemuan pertama dan kedua mencapai nilai N-gain sebesar 0,71 dan untuk pertemuan ketiga dan keempat mencapau nilai N-gain sebesar 0,74 termasuk kriteria N-gain tinggi, sementara untuk ranah kognitif secara kelompok pada pertemuan pertama dan kedua mencapai nilai N-gain sebesar 0,95 dan untuk pertemuan ketiga dan keempat mencapau nilai N-gain sebesar 1 termasuk kriteria N-gain tinggi. Untuk ranah afektif dan psikomotorik rata-rata seluruh peserta didik untuk empat kali pertemuan mencapai 88,41 dan 86,61% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perangkat pembelajaran Fisika menggunakan model Team Based Learning telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Team Based Learning, Inquiry Learning.
Download berkas