Penulis / NIM
NURMILA / 421417009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Penelitian ini membahas tentang ragam bahan ajar pada pembelajaran daring danhasil belajar fisika di SMA. Dengan tujuan untuk mengetahui bahan ajar apa saja yang digunakan pada pembelajaran daring dan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada pembelajaran daring. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif pada penelitian ini mendeskripsikan bahan ajar yang digunakan guru pada pembelajaran daring, sedangkan kuantitatif untuk melihat hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran daring berupa elektronik modul, buku teks, dan slide powerpoint. Bahan ajar yang digunakan sudah sesuai dengan kriteria bahan ajar menurut BSNP, sehingga dapat digunakan pada pembelajaran daring. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan bahan ajar tersebut diatas nilai KKM yang telah ditetapkan, rata-rata hasil belajar di sekolah SMA Negeri 1 Limboto 83 dengan kriteria baik, rata-rata hasil belajar di sekolah SMA Negeri 1 Telaga 71 dengan kriteria cukup dan SMA Negeri 1 Telaga biru adalah 72 dengan kriteria cukup, sedangkan di SMA Negeri 1 Tilango rata-rata nilai tes hasil
belajarnya adalah 73 dengan kriteria Cukup. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ragam bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran daring berpengaruh dengan hasil belajar peserta didik.
Download berkas