Penulis / NIM
VIVIT IDRUS / 421417011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MUHAMMAD YUSUF, S.Pd, M.Pd / 0018107508
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring dengan menggunakan permodelan rasch pada mata pelajaran fisika. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu 8 orang dari 30 orang siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 1 Tapa yang dipilih berdasarkan puposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap pengunaan aplikasi pembelajaran daring dengan menggunakan permodelan RASCH pada mata pelajaran fisika, berdasarkan analisis data menggunakan model RASCH didapatkan bahwa nilai alpha cornbachnya 0.84 yang artinya bagus jadi analisis persepsi siswa menggunakan model RASCH bagus karena berada diatas 0.80 kemudian berdasarkan indikator persepsi penyerapan terhadap rangsangan atau objek dari luar individu, siswa lebih senang dan menyukai pembelajaran daring menggunakan aplikasi Classroom dan Whatsapp. Berdasarkan indikator persepsi pengertian atau pemahaman terhadap objek, siswa bisa mengerti serta memahami dan menguasai materi pada pembelajaran fisika. Berdasarkan indikator persepsi penilaian atau evaluasi individu terhadap objek, siswa selalu semangat dan termotivasi pada pembelajaran fisika. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa pada pembelajaran daring menggunakan aplikasi Classroom dan Whatsapp dapat membantu siswa dan tidak membuat siswa kesusahan dalam proses pembelajaran selama masa pandemi dikelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Tapa.
Download berkas