Penulis / NIM
TRISKA LAURENSYA GALANGGADJIR / 421417014
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Triska Laurensya Galanggadjir,2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Pbl Berbantuan Aplikasi WhatsApp dan Facebook Messenger Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pengukuran. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Asri Arbie dan 2 Supartin.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 gorontalo dan bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas (valid, praktis, dan efektif) menggunakan model pembelajaran Team Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Pengembangan 4D (Define, Design, Development, dan Dessemination). Penelitian ini diperoleh hasil perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas, perangkat pembelajaran dikatakan valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi melalui uji validitas konstruk. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis dilihat berdasarkan rata-rata persentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 prtemuan yaitu sebesar 95%, serta hasil angket respon guru dan mayoritas peserta didik menyatakan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan praktis untuk diterapkan pada pembelajaran. Efektivitas perangkat pembelajaran terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif pada pertemuan satu sampai pertemuan ketiga diperoleh N Gain iRat 0,54, 0,43 dan 0,44 dengan kriteria n gain sedang, pada tRat diperoleh N Gain 0,64, 0,63 dan 58. Ranah sikap dengan rata-rata persentase sebesar 85,22%, serta rata-rata persentase pada ranah keterampilan sebesar 84.29%, dan hasil pengamatan aktivitas pesrta didik selama 3 kali pertemuan yaitu sebesar 79,14% dengan kriteria baik. Rata-rata persentase penilaian sikap berdasarkan hasil pengamatan sikap, self assessment dan peer assessment sebesar 85,22%, 77 % dan 76% (kategori baik). Kemudian untuk penilaian keterampilan kinerja diperoleh rata-rata persentase sebesar 84,29% (kategori sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas.
Kata kunci: Team Based Learning, Perangkat Pembelajaran, Hasil Belajar
Download berkas