SKRIPSI

Penulis / NIM
SURYANI M. LAUNE / 421417015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
Suryani M Laune,2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning berbantu whatsapp dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Asri Arbie dan Pembimbing 2 Abd. Wahidin Nuayi. Penelitian ini dilakukan disekolah SMA Negeri 4 Gorontalo dan bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring. Perangkat yang dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari 5 tahap pengembangan. Hasil penelitian terhadap perangkat menunjukan bahwa perangkat yang dikembangkan tersebut valid, praktis, dan efektif untuk digunakan setelah selesai di vadidasi oleh validator. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis dilihat berdasarkan rata-rata persentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan yaitu sebesar 95%, serta hasil angket respon guru dan peserta didik terkait penggunaan perangkat pembelajaran pada proses pembelajaran daring, untuk angket respon guru di dapatkan nilai sebesar 100% guru memberkan respon setuju, untuk angket respon siswa mayoritas siswa memberikan respon setuju/sangat setuju sebesar 92.5% untuk keseluruhan indikator. Efektivitas perangkat pembelajaran terlihat pada peningkatan hasil belajar siswa yang terdiri dari ranah kognitif untuk nilai N Gain hasil belajar iRAT pada pertemuan pertama yaiut sebesar 0,66, pada pertemuan kedua sebesar 0,59, dan pertemuan ketiga sebesar 0,51 dengan kriteria N Gain sedang. Sedangkan nilai N Gain hasil belajar tRAT pada pertemuan pertama yaitu sebesar 0,7 dengan kriteria N Gain tinggi, pada pertemuan kedua sebesar 0,66 dengan kriteria N Gain sedang, dan untuk pertemuan ketiga yaitu sebesar 0,61 dengan kriteria N Gain sedang. Untuk Ranah sikap dengan nilai rata-rata persentase yang didapatkan sebesar 80,44%, serta rata-rata nilai persentase pada ranah keterampilan sebesar 80,17%, dan hasil pengamatan aktivitas pesrta didik selama 3 kali pertmuan dengan nilai yaitu sebesar 81,85% dengan kriteria sangat baik. Kata kunci: Team Based Learning, Perangkat Pembelajaran, Hasil Belajar, ADDIE
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011