SKRIPSI

Penulis / NIM
INDRIYANI MONOARFA / 421417018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
ABD WAHIDIN NUAYI, S.Pd, M.Si / 0023018601
Abstrak
ABSTRAK Indriyani Monoarfa. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning Berbantuan WhatsApp dan Google Meet Pada Pembelajaran Online Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Lurus. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing : (1) Asri Arbie (2) Abd. Wahidin Nuayi. Penelitian ini merupakan penelitian mengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas pengembangan perangkat pembelajaran Team Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Gorontalo pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Perangkat pembelajaran ini dikembangkan dengan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dan kawan-kawan yang terdiri dari 3 tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan validitas melalui validasi perangkat, kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan, angket respon guru dan angket respon siswa, keeektifan melalui tes hasil belajar, observasi pengamatan aktivitas, sikap, dan keterampilan siswa. Penelitian ini diperoleh hasil: (1) perangkat yang dikembangkan valid melalui uji validitas konstruk; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukkan oleh rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 93,75, kemudian respon guru yang menyatakan perangkat pembelajaran Team Based Learning praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran, dan mayoritas siswa menyatakan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran Team Based Learning praktis untuk diterapkan dalam kelas; dan (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukan oleh rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 80,10, Kemudian persentase nilai hasil belajar siswa dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua pada iRat memperoleh skor N-gain sebesar 0,51 dan 0,46 dengan kategori ��Ã..."sedang��, kemudian pada tRat diperoleh skor N Gain sebesar 0,53 dan 0,5 dengan kategori ��Ã..."sedang��.Selain itu perolehan hasil belajar sikap siswa diperoleh sebesar 80,07. Kemudian hasil belajar keterampilan siswa diperoleh sebesar 81,85. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Kata kunci: Team Based Learning, Perangkat Pembelajaran, Hasil Belajar. Borg dan Gall.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011