Penulis / NIM
PUPUT SALSABINA F. SATRI / 421417020
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. ASRI ARBIE, M.Si / 0017046302
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
Puput Salsabina F. Satri, 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Team Based Learning-Problem Solving Berbantuan Whatsapp dan Zoom Meeting Pada Pembelajaran Daring Pada Materi Keseimbangan dan Dinamika Rotasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Asri Arbie dan Pembimbing 2 Dewa Gede Eka Setiawan.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran Team Based Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga Biru pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Perangkat pembelajaran ini dikembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Teknik pengumpulan data yaitu dengan validitas melalui validasi perangkat, kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan, angket respon guru dan peserta peserta didik, keefektifan melalui tes hasil belajar, observasi pengamatan aktivitas, sikap dan keterampilan peserta didik. Dari penelitian ini diperoleh hasil: (1) perangkat yang dikembangkan valid melalui uji validitas konstruk; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukkan oleh rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92,26% kategori sangat baik, kemudian respon guru terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan sebesar 94,93% dengan respon sangat setuju, serta respon peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan sebesar 74,61% dengan respon setuju; dan (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukkan oleh rata-rata persentase aktivitas peserta didik sebesar 87,93% kategori sangat baik, kemudian dari segi hasil belajar peserta didik didapatkan N-gain iRAT materi I dan II sebesar 0,57 dan 0,66 pada kategori sedang, selanjutnya N-gain tRAT materi I dan II sebesar 0,69 dan 0,7 pada kategori sedang dan tinggi. Selain itu perolehan hasil belajar sikap peserta didik diperoleh sebesar 82,41% kategori baik dan melalui self-peer reflextion diperoleh sebesar 81,56% dan 80,14% pada kategori baik, serta hasil belajar keterampilan peserta didik diperoleh sebesar 89,75% dengan kategori sangat baik. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Team Based Learning, Whatsapp, Zoom Meeting.
Download berkas