Penulis / NIM
MOHAMAT IRKAN DARISE / 421417026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Mohamat Irkan Darise. 2022. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dalam Pembelajaran Daring Dan Hasil Belajar Fisika Di SMA Materi Fluida Statis. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Masri Kudrat Umar S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Dr. Tirtawaty Abdul, S.Pd M.Pd.
Penelitian dilakukan di SMAN 1 Gontalo Utara, SMAN 5 Gorontalo Utara dan SMAN 6 Gorontalo Utara. Tujuannya mengetahui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dalam pembelajaran daring dan hasil belajar Fisika di SMA materi fluida statis. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelayakan dokumen LKPD yang digunakan di tiga sekolah sudah memenuhi standar BSNP. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata skor presentase sebesar 77,08% ,78,13% dan 74,58% dalam kategori baik. Sedangkan untuk kegiatan belajar siswa di SMAN 1 Gorontalo Utara pembelajaran daring didominasi kegiatan mendengarkan dengan nilai 79% dengan kategori baik, SMAN 5 Gorontalo Utara pembelajaran daring didominasi kegiatan menulis memperoleh presentase 77% dengan kategori baik, serta di SMAN 6 Gorontalo Utara pembelajaran daring didominasi kegiatan menulis memperoleh presentase 69% dengan kategori cukup. Analisis Hsil belajar dengan menggunakan Rach model diperoleh reliabilitas item dan person sebesar 0,98 dengan kategori istimewa serta alpha cronbac 0,47 dengan kategori cukup,hasil belajar yang beragam, hasil belajar siswa di SMAN 1 Gorontalo Utara dengan nilai rata-rata 65,66 dengan kategori cukup, SMAN 5 Gorontalo Utara dengan nilai rata-rata 67,76 dengan kategori baik dan SMAN 6 Gorontalo Utara 61,09 dengan kategori cukup.
Kata Kunci: LKPD, Kegiatan Belajar, Hasil Belajar dan Rach Model
Download berkas