Penulis / NIM
NOVIWATI / 421417027
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. MURSALIN, M.Si / 0012045710
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
Noviwati. 2022. Pengaruh Modul Pembelajaran Berbasis Self Regulated Learning Dengan Model Inquiry Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Konsep Suhu Dan Kalor. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. Mursalin M.Si dan Pembimbing 2 Dr. Abdul Haris Odja M.Pd.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Telaga Biru dan bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan modul pembelajaran berbasis self regulated learning dengan model inquiry learning pada konsep suhu dan kalor. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian adalah pretest-posttest control group design, Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang berfokus pada rana kognitif yang melihat 4 aspek yaitu, pengetahuan(C1), Pemahaman (C2), Aplikasi (C3), Analisis (C4) dan Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan modul pembelajaran berbasis self regulated learning dengan model inquiry learning sebagai media pendukung pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan IPA 2 dengan jumlah masing-masing 20 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah instrument tes bentuk essay. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-gain. Hasil penelitian mengungkapkan adanya perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen (menggunakan modul berbantuan self regulated learning) dan kelas kontrol (menggunakan buku pegangan guru). Hal ini dapat dilihat berdasarkan analisis data melalui pengujian hipotesis dapat ditunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kontrol memperoleh t_hitung = 4,974 � t_tabel = 2,024 hal ini menandakan bahwa taraf signifikasi α = 0,05 H_0 ditolak dan H_1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh signifikan. Berdasarkan analisis data hasil penelitian melalui uji N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,5 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 0,3. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa konsep suhu dan kalor dengan menggunakan modul pembelajaran berbasis self regulated learning dengan model inquiry learning.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Self Regulated Learning, Hasil Belajar
Download berkas