Penulis / NIM
RINTIANY MONOARFA / 421417028
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Pembimbing 2 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Abstrak
Rintiany Monoarfa. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ryleac Berbasis Mobile Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMA Negeri 2 Gorontalo. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Ritin Uloli, S.Pd, M.Pd. Pembimbing II Dr. Tirtawaty Abdjul, S.Pd,M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Ryleac berbasis Mobile Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitan yang digunakan yaitu eksperimen menggunakan satu kelas eksperimen . Tempat pelaksanaan penelitian ini di SMA Negeri 2 Gorontalo kelas XI dengan subjek penelitian kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 33. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan penilaian hasil test. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, analisis, uji hipotesis dan uji n-gain. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui harga t hitung pada kelas XI IPA 2 28,052, dimana untuk harga t tabel untuk kelas Kelas XI IPA 2 2,035, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Ryleac berbasis Mobile Learning berpengaruh positif terhadap Hasil Belajar siswa. Dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest siswa dari kelas eksperimen, maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajarn Ryleac berbasis Mobile Learning terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Gorontalo dengan n-gain kriteria sedang.
Kata Kunci: Ryleac, Mobile Learning, Hasil Belajar.
Download berkas