Penulis / NIM
WAHYUNI D. SUMAYOW / 421417031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. RITIN ULOLI, M.Pd / 0007037003
Abstrak
Wahyuni D. Sumayow. 421417031. Pengembangan Perangkat Pembelajaran model problem based learning berbantuan aplikasi google meet pada materi gerak parabola untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembombing 1 Dr. Trisnawaty Junus Buhungo, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Ritin Uloli, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa dan bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berkualitas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Perangkat yang dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan Semel dan Semel. Hasil penelitian terhadap perangkat menunjukkan bahwa perangkan yang dikembangkan tersebut berkualitas. Perangkat pembelajaran dikatakan valid untuk digunakan dengan sedikit revisi. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata hasil validasi dengan nilai 3,5 3,6. Tingkat keefektifan perangkat pembelajaran dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa terdiri dari ranah kognitif pada pertemuan satu sampai pertemuan kedua di peroleh N Gain 0,54 dengan kriteria N Gain sedang, pada ranah sikap dengan rata-rata persentase sebesar 81,777%, hasil pengamatan aktivitas peserta didik selama 2 kali pertemuan yaitu 71,808% dengan kriteria baik dan aspek psikomotor rata-rata presentase sebesar 80, 36% dan tingkat kepraktisan perangkat yang dikembangkan dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran 84,78% serta angket respon guru dan angket respon peserta didik dengan rata-rata presentase sebesar 79,88% dan 84, 804% mendapatkan respon positif.
Kata kunci: Hasil belajar, Pengembangan 4D, Problem Based Learning
This research was conducted at SMA Negeri 1 Tapa. It aims to create quality physics learning tools using the Problem Based Learning (PBL) learning model. The device was developed using the 4D development model developed by Thiagarajan, Semel, and Semel. The test results indicate that the device developed is of high quality. Learning tools are stated to be reliable for use with a little improvement. This can be seen based on the average validation results with a value of 3.5 to 3.6. The effectiveness level of this learning device is validated through the increase in student learning outcomes that is explained as follows: the cognitive domain at the first meeting until the second meeting obtained N Gain of 0.54 with N Gain criteria being moderate, the attitude domain with an average percentage of 81.777% the results of observing student activities during 2 meetings obtained 71.808% with good criteria, the practicality level of the developed device seen from the observation sheet on the implementation of learning obtained 84.78%, and teacher response questionnaires and student response questionnaires obtained average percentages of 79.88% and 84.804% with positive responses.
Keywords: Learning Outcomes, 4D Development, Problem Based Learning
Download berkas