Penulis / NIM
RIEFKA AFRIANI KASIM / 421417032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TIRTAWATY ABDJUL, S.Pd, M.Pd / 0020067903
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
Riefka Afriani Kasim. 2022. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Ryleac berbasis Mobile Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Gorontalo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Ibu Dr. Tirtawaty Abdjul, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Bapak Dewa Gede Eka Setiawan, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran ryleac berbasis mobile learning terhadap hasil belajar siswa materi Fluida. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun 2021-2022. Metode penelitian yang dilakukan yaitu eksperimen menggunakan satu kelas eksperimen. Tempat pelaksanaan penelitian di SMA Negeri 1 Gorontalo kelas XI dengab subjek penelitian kelas XI IPA 5 dengan jumlah siswa 42. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan berdasarkan penilaian hasil test. Analisis data penelitian menggunakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui harga t hitung pada kelas eksperimen (XI IPA 5) yaitu 30,131, dimana untuk harga t tabel untuk kelas eksperimen (XI IPA 5) yaitu 2,037, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis mobile learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran ryleac. Dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest siswa dari kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran ryleac berbasis mobile learning terhadap hasil belajar siswa materi fluida dengan n-gain kriteria sedang.
Kata kunci : Ryleac, Mobile Learning, Hasil Belajar
Download berkas