Penulis / NIM
MAGFIRA SYARIPUDIN / 421417033
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan media PhET dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi elastisitas dan hukum hooke. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa pada kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan subjek penelitiannya yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa setiap kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua data berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Analisis uji-t pada taraf signifikan (α = 0.05) mendapatkan hasil dimana thitung = 6,26 � ttabel = 2,02 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Peningkatan hasil belajar siswa bisa dilihat pada analisis uji n-gain di kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai 0,4 dan 0,3 dengan kriteria n-gain sedang, hal ini berarti bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5e berbantuan media PhET dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi elastisitas dan hukum hooke.
Download berkas