Penulis / NIM
HADIJA D. LANTOWA / 421417034
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ABDUL HARIS ODJA, M.Pd / 0007117802
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tapa , bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika yang berkualitas denga mengguankan model inkuiri terbimbing, perangkat yang dikembangkan menggunakan model 4D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan berkualitas. Perangkat pembelajaran dikatakan layak untuk digunakan dengan sedikit revisi, dilihat berdasarkan hasil rata-rata validasi dengan nilai 3,4��"3,6, tungkat keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang terdiri dari ranah kognitif diperoleh N Gain 0,52, dengan kriteria N gain sedang, ranah sikap dengan rata-rata presentase sebesar 80,89% serta rata-rata presentase pada ranah keterampilan 84,04% dan hasil pengamatan aktivitas peserta didik selama 3 kali pertemuan sebesar 79,44% dengan kriteria baik. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis berdasarkan rata-rata presentase hasil keterlaksanaan pembelajaran selama 3 pertemuan sebesar 86,67%, serta hasil angket respon guru dan peserta didik terkait penggunaan perangkat pembelajaran pada proses pembelajaran daring mendpatkan respon yang positif.
Kata kunci: Hasil belajar, Pengembangan 4D, Inkuiri Terbimbing
Download berkas