SKRIPSI

Penulis / NIM
GUNAWAN RASID / 421417037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
Dr RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK Gunawan Rasid. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartun Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Tekanan Zat Cair Di SMP Negeri 5 Paguyaman Pantai. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dewi Diana Paramata S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ( R&D ) dengan tujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan kualitas valid, praktis, dan efektif yang berbasis kartun menggunakan aplikasi powtoon pada materi tekanan zat cair di kelas VIII SMP Negeri 5 Paguyaman Pantai. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D (4D). Instrumen penelitian ini terdiri dari 1) lembar observasi keterlaksanaan pemebelajaran (aktivitas guru), 2) angket untuk melihat respons peserta didik, 3) lembar observasi aktivitas peserta didik, dan 4) test hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Kualitas kevalidan diperoleh dari hasil validasi media dengan skor rata-rata 3,84 kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli materi dengan skor rata-rata 3,94 kriteria sangat valid, dan valdasi instrument penelitian dengan skor rata-rata 3,37 kriteria valid. Kualitas Kepraktisan diperoleh dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran (aktivitas guru) dari dua pertemuan dengan persentase 100 % kriteria sangat baik dan dari hasil angket untuk melihat respons peserta didik pada indikator motivasi belajar dengan persentase 86,7 % kriteria baik, indikator kemudahan dan kepuasan belajar dengan persentase 84,7% kriteria baik, indikator inovasi belajar dengan persentase 87,8% kriteria sangat baik, dan indikator presetasi belajar dengan persentase 89,2% . Kualitas Keefektifan diperoleh dari observasi aktivitas peserta didik dengan persentase 86% kriteria sangat baik (pertemuan I) dan persentase 88,7%% kriteria sangat baik (pertemuan II), dan test hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dalam kompetensi C2 (menguraikan) dengan persentase 88,7% kriteria sangat baik, kompetensi C3 (menerapkan) dengan persentase 81,75% kriteria baik, kompetensi C4 (menganalisis) dengan persentase 93,25% kriteria baik, dan kompetensi C5 (membuktikan) dengan persentase 73% kriteria baik. Hasil belajar juga dapat dilihat dari ketuntasan secara individual dengan 14 orang peserta didik yang tuntas dan 1 orang peserta didik tidak tuntas dan ketuntasan secara klasikal memperoleh persentase 93,3% yang tuntas dan 6,7% yang tidak tuntas. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kertun Menggunakan Aplikasi Powtoon, Tekanan Zat Cair . Abstract This research is a research and development (R&D) with the aim of producing learning media with valid, practical, and effective quality based on cartoons using application of powtoon on liquid pressure material in class VIII of SMP Negeri 5 Paguyaman Pantai. The development modelused in this study is the Fo ur-D (4D) model. The research instrument consists of 1) learning implementation observation sheets (teacher activities), 2) a questionnaire to see student responses, 3) student activity observation sheets, and 4) test student learning outcomes in the cognitive domain. The validity bag was obtained from the results of media validation with an average score of 3.84 very valid criteria and material expert validation results with an average score of 3.94 very valid criteria, and research instrument validation with an average score of 3.37 valid criteria. The quality of practicality is obtained from the results of observations of the implementation of learning (teacher activities) from two meetings with a percentage of 100% very good criteria and from the results of a questionnaire to see student responses to learning motivation indicators with a percentage of 86.7% good criteria, indicators of ease and learning satisfaction with the percentage of 84.7% good criteria, learning innovation indicators with a percentage of 87.8% very good criteria, and learning achievement indicators with a percentage of 89.2%. Quality of effectiveness was obtained from observing the activities of students with a percentage of 86% of very good criteria (meeting I) and a percentage of 88.7%% of very good criteria (meeting II), and testing student learning outcomes in the cognitive domain in competence C2 (outlining) with the percentage of 88.7% very good criteria, competence C3 (applying) with a percentage of 81.75% good criteria, competence C4 (analyzing) with a percentage of 93.25% good criteria, and competence C5 (proving) with a percentage of 73% good criteria. Learning outcomes can also be seen from individual mastery with 14 students who complete and 1 student who does not complete and classical completeness obtains a percentage of 93.3% who are complete and 6.7% are incomplete. Keywords:Learning media, cartoon using powtoon application, liquid pressure
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011