Penulis / NIM
GUNAWAN RASID / 421417037
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
DEWI DIANA PARAMATA, S.Pd, M.Pd / 0006056807
Pembimbing 2 / NIDN
Dr RAGHEL YUNGINGER, S.Pd, M.Si / 0026107704
Abstrak
ABSTRAK
Gunawan Rasid. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartun
Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Materi Tekanan Zat Cair Di SMP Negeri 5
Paguyaman Pantai. Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dewi Diana Paramata S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Raghel Yunginger, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan ( R&D ) dengan tujuan untuk
menghasilkan media pembelajaran dengan kualitas valid, praktis, dan efektif yang
berbasis kartun menggunakan aplikasi powtoon pada materi tekanan zat cair di kelas
VIII SMP Negeri 5 Paguyaman Pantai. Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah model Four-D (4D). Instrumen penelitian ini terdiri dari 1)
lembar observasi keterlaksanaan pemebelajaran (aktivitas guru), 2) angket untuk
melihat respons peserta didik, 3) lembar observasi aktivitas peserta didik, dan 4) test
hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif. Kualitas kevalidan diperoleh dari hasil
validasi media dengan skor rata-rata 3,84 kriteria sangat valid dan hasil validasi ahli
materi dengan skor rata-rata 3,94 kriteria sangat valid, dan valdasi instrument
penelitian dengan skor rata-rata 3,37 kriteria valid. Kualitas Kepraktisan diperoleh
dari hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran (aktivitas guru) dari dua pertemuan
dengan persentase 100 % kriteria sangat baik dan dari hasil angket untuk melihat
respons peserta didik pada indikator motivasi belajar dengan persentase 86,7 %
kriteria baik, indikator kemudahan dan kepuasan belajar dengan persentase 84,7%
kriteria baik, indikator inovasi belajar dengan persentase 87,8% kriteria sangat baik,
dan indikator presetasi belajar dengan persentase 89,2% . Kualitas Keefektifan
diperoleh dari observasi aktivitas peserta didik dengan persentase 86% kriteria
sangat baik (pertemuan I) dan persentase 88,7%% kriteria sangat baik (pertemuan II),
dan test hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif dalam kompetensi C2
(menguraikan) dengan persentase 88,7% kriteria sangat baik, kompetensi C3
(menerapkan) dengan persentase 81,75% kriteria baik, kompetensi C4 (menganalisis)
dengan persentase 93,25% kriteria baik, dan kompetensi C5 (membuktikan) dengan
persentase 73% kriteria baik. Hasil belajar juga dapat dilihat dari ketuntasan secara
individual dengan 14 orang peserta didik yang tuntas dan 1 orang peserta didik tidak
tuntas dan ketuntasan secara klasikal memperoleh persentase 93,3% yang tuntas dan
6,7% yang tidak tuntas.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kertun Menggunakan Aplikasi Powtoon, Tekanan Zat Cair .
Abstract
This research is a research and development (R&D) with the aim of producing
learning media with valid, practical, and effective quality based on cartoons using
application of powtoon on liquid pressure material in class VIII of SMP Negeri 5
Paguyaman Pantai. The development modelused in this study is the Fo ur-D (4D)
model. The research instrument consists of 1) learning implementation observation
sheets (teacher activities), 2) a questionnaire to see student responses, 3) student
activity observation sheets, and 4) test student learning outcomes in the cognitive
domain. The validity bag was obtained from the results of media validation with an
average score of 3.84 very valid criteria and material expert validation results with
an average score of 3.94 very valid criteria, and research instrument validation with
an average score of 3.37 valid criteria. The quality of practicality is obtained from
the results of observations of the implementation of learning (teacher activities) from
two meetings with a percentage of 100% very good criteria and from the results of a
questionnaire to see student responses to learning motivation indicators with a
percentage of 86.7% good criteria, indicators of ease and learning satisfaction with
the percentage of 84.7% good criteria, learning innovation indicators with a
percentage of 87.8% very good criteria, and learning achievement indicators with a
percentage of 89.2%. Quality of effectiveness was obtained from observing the
activities of students with a percentage of 86% of very good criteria (meeting I) and a
percentage of 88.7%% of very good criteria (meeting II), and testing student learning
outcomes in the cognitive domain in competence C2 (outlining) with the percentage
of 88.7% very good criteria, competence C3 (applying) with a percentage of 81.75%
good criteria, competence C4 (analyzing) with a percentage of 93.25% good criteria,
and competence C5 (proving) with a percentage of 73% good criteria. Learning
outcomes can also be seen from individual mastery with 14 students who complete
and 1 student who does not complete and classical completeness obtains a
percentage of 93.3% who are complete and 6.7% are incomplete.
Keywords:Learning media, cartoon using powtoon application, liquid pressure
Download berkas