SKRIPSI

Penulis / NIM
ABDULRAHMAN DJOU / 421418001
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
Abdulrahman Djou. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Trisnawaty Junus Buhungo dan Pembimbing 2 Supartin. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Batudaa kelas XI IPA 1. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran model Problem Based Learnin dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan hasil belajar fisika materi elastisitas dan hukum hooke yang teruji berdasarkan kualitasnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda yang terdiri atas lima tahap, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) validasi keseluruhan perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid, 2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditentukan melalui presentase dari keterlaksanaan pembelajaran yang terdiri dari dua kali petemuan yang mencapai 97,619% criteria sangat baik serta respon guru dan peserta didik melalui angket memberikan respon positif, dan 3) keefektifan perangkat pembelajaran ditentukan melaui presentase rata-rata aktivitas peserta didik sebanyak dua kali pertemuan mencapai 90,302 % dengan criteria sangat baik, penilaian hasil belajar siswa mencapai nilai N-gain sebesar 0,742 termasuk criteria N-gain tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Contextual Teaching And Learning telah memenuhi criteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: Perangkat pembelajaran, Problem Based Learning,Contextual Teaching And Learning.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011