Penulis / NIM
FURQON SANJAYA / 421418006
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr TRISNAWATY JUNUS BUHUNGO, S.Pd, M.Pd / 0018097605
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUPARTIN, M.Pd / 0012047605
Abstrak
ABSTRAK
Furqon Sanjaya 2023. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Guided Inquiry Berbantauan Media Google Sites Pada Materi Fluida Statis. Skripsi, Progam Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I oleh Dr. Trisnawati Junus Buhungo S.Pd,.M.Pd dan Pembimbing II oleh ibu Dr. Supartin S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Devolopment) yang bertujuan untuk mengembanglan perangkat pembelajaran guided inquiry yang berkualitas. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dan diujicobakan di kelas XI SMA Negeri 1 Tilango dengan desain uji coba one group pre test-post test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) perangkat yang dikembangkan valid yang diperoleh melalui uji validitas; (2) perangkat yang dikembangkan praktis ditunjukan oleh pembelajaran terlaksana sangat baik dengan rata-rata persentase sebesar 97,2%, respon guru yang menyatakan perangkat pembelajaran guided inquiry praktis untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dan mayoritas peserta didik menyatakan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran guided inquiry praktis untuk diterapkan dalam kelas; (3) perangkat yang dikembangkan efektif ditunjukan oleh peserta didik yang aktif dalam pembelajaran selama tiga pertemuan dengan rata-rata persentase sebesar 81,9% (kategori baik), peningkatan hasil belajar peserta didik untuk ranah kognitif mencapai nilai N-gain sebesar 0,710 termasuk dalam kategori tinggi dan hasil persentase klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 84%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkualitas.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Guided Inquiry, Google Sites, Fluida Statis
Download berkas