Penulis / NIM
FIRA LAKORO / 421418015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN FISIKA
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. MASRI KUDRAT UMAR, S.Pd, M.Pd / 0006087308
Pembimbing 2 / NIDN
DEWA GEDE EKA SETIAWAN, S.Pd., M.Sc / 0025088602
Abstrak
Fira Lakoro, 421418015. Evaluasi Penilaian Proses Menggunkan Model Alkin Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA N Se-Provinsi Gorontalo. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Masri Kudrat Umar dan Pembimbing 2 Dewa Gede Eka Setiawan.
Penelitian berdasar pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu Pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, diantaranya terhadap peserta didik, lembaga dan program Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi peniaian proses menggunakan model Alkin pada mata pelajaran Fisika di SMA N se-provinsi Gorontalo. Adapun tahapan dari model Alkin ( modifikasi dari Fernandes ) terdiri dari 4 tahap yaitu Needs Assesment (Penilaian Kebutuhan), Program Planning (Perencanaan Program), Formative Evaluation (Pelaksanaan Evaluasi), dan Sumative Evaluation (Pelaporan Hasil). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, menggunakan jenis evaluatif. Adapun sampel dari penelitian ini adalah guru-guru Fisika yang ada di Provinsi Gorontalo khususnya sekolah sasaran yaitu sebanyak 20 sekolah yang ada di lingkungan Provinsi Gorontalo, berjumlah 36 Guru. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan penggunaan angket yang berisi pertanyaan mengenai pelaksanaan evaluasi Penilaian Proses yang dilakukan oleh Guru. Evaluasi dilaksanakan mulai dari pelaksanaan 1) analisis kalender pendidikan; 2) pembuatan program tahunan (prota); 3) pembuatan program semester (prosem); 4) menganalisis silabus; 5) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP); 6) membuat format penilaian; 7) pelaksanaan pembelajaran; 8) pelaksanaan ujian, hingga 9) pelaporan hasil. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan evaluasi penilaian proses yang ada di Provinsi Gorontalo berada di atas 81%, angka tersebut masuk pada kategori sangat baik. Hal ini perlu ditingkatkan dalam memperbaiki kualitas Guru dan efisiensi dari pembelajaran Fisika di Provinsi Gorontalo.
Kata Kunci: Evaluasi; Model Alkin; Fisika
Download berkas