SKRIPSI

Penulis / NIM
FITRA MAKU / 431406009
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. JUNAN PARIS, M.Pd / 0016085910
Abstrak
ABSTRAK Maku, Fitra. 2012. Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan di kelas VIIA SMP Negeri 1 Kabila. Tahun ajaran 2011-2012. Skripsi. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA. Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Prof. DR Ani M.Hasan, M.Pd. dan Drs. Junan Paris M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap sebanyak 2 siklus. Siklus I terdiri atas 2 pertemuan, di mana pertemuan pertama membahas tentang keragaman tingkat sel sedangkan pertemuan kedua membahas tentang jaringan. Pada siklus II hanya satu kali pertemuan, membahas tentang organ dan sistem organ. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Organisasi Kehidupan melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Turnament (TGT). Penelitian tindakan kelas ini, menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan pada setiap akhir siklus, indikator kinerja yang hendak dicapai yaitu minimal 85% dari jumlah siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 keatas dan kegiatan pembelajaran yang dinilai melalui lembar obervasi minimal 85% mencapai kriteria baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I untuk hasil belajar siswa 76,7,% memperoleh nilai 70 keatas. Hasil yang ada pada siklus II menunjukkan peningkatan yaitu pada hasil observasi kegiatan guru memperlihatkan 100% kriteria baik dan baik sekali dan hasil kegiatan siswa mencapai 100% kriteria baik, hasil belajar siswa 100% memperoleh nilai 70 keatas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games turnament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi organisasi kehidupan. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif tipe TGT, organisasi kehidupan, hasil belajar siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011