SKRIPSI

Penulis / NIM
HETI PODOMI / 431406024
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK HETI PODOMI. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Take And Give dan Make a Match Pada Materi Ekosistem. Skripsi. Gorontalo. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran Make a Match pada materi ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 gorontalo. Dari populasi diambil 2 kelas yaitu kelas X1 dan X4 . Hipotesis penelitian adalah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Take and Give dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match pada materi ekosistem. Langka awal yang dilakukan untuk menguji hipotesis adalah melakukan pengujian normoalitas data terhadap data yang terkumpul untuk memastikan bahwa data tersebut berdistribusi normal sehingga pengujian hipotesis dapat menggunakan statistic parametric. Pengujian normalitas data menggunakan uji Liliefors dengan taraf signifikan 0.05 dan dk = k - 1. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa L0 < Ldaftar yang berarti data berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikan 0.05 dan dk = (n1 + n2 – 2). Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > tdaftar yang berarti hipotesis penelitian “Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Antara Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Take and Give Dengan Siswa Yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Make a Match Pada Materi Ekosistem”. Hal yang terlihat dari hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran Make a Match lebih baik daripada siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran Take and Give pada materi ekosistem Kata kunci : Perbedaan, Hasil Belajar, Model Pembelajaran. Kooperatif Take and Give, Make a Match
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011