Penulis / NIM
EVI YOANITA / 431406066
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
Evi Yoanita. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Pada Tumbuhan di SMP Negeri 07 Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan oleh Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajraan kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan dengan menerapkan model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division), TGT (Teams Games Tournaments) dan pembelajaran konvensional sebagai kelas kontrol di kelas VIII SMP Negeri 07 Kota Gorontalo. Hasil analisis statistika deskriptif dapat di perolah nilai rata-rata untuk model pembelajaran TGT yang dilakukan pada kelas VIII C pada evaluasi 1 akar dan batang adalah sebesar (64.567), pada evaluasi 2 daun dan bunga adalah sebesar( 72.907) dan pada evaluasi 3 buah dan biji adalah sebesar (77.783). Penggunan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam proses belajar mengajar terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa, berdasarkan karateristik materi yang di ajarkan yaitu pada materi struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Kota Gorontalo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dan TGT (Teams Games Tournaments, Hasil Belajar Siswa
Download berkas