Penulis / NIM
NURLESTARI MUJIYATI / 431406067
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RAMLI UTINA, M.Pd. / 0004085507
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
Nurlestari Mujiyati.2014. Peningkatan Hasil belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Problem Solving Berbasis Media Audio Visual Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup di kelas VII3 Tahun ajaran 2013-2014.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil sebanyak 2 siklus. Siklus 1 pertemuan 1 diberikan materi tentang pengertian keanekaragaman makhluk hidup serta mengidentifikasi perbuatan manusia yang menyebabkan menurunnya keanekaragaman makhluk hidup dan pertemuan 2 diberikan materi tentang mengidentifikasi contoh tumbuhan dan hewan langka. Siklus 2 pertemuan 1 diberikan materi tentang menjelaskan pelestarian makhluk hidup yang dilindungi dan cara membudidayakan hewan dan tumbuhan langka. Dan pada siklus 2 pertemuan diberikan materi tentang mengenalkan jenis dan manfaat hewan dan tumbuhan langka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil observasi kegiatan guru pada siklus 1 oleh observer memperlihatkan kriteria baik dan sangat baik sebesar 7,25%, pada siklus 2 menunjukkan peningkatan yaitu 13% memperlihatkan kriteria baik dan sangat baik. Hasil observasi kegiatan siswa pada siklus 1 oleh observer memperlihatkan kriteria baik dan sangat baik sebesar 3,5% pada siklus 2 meningkat menjadi 9,5%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus 1 yaitu 12,5% memperoleh nilai di atas75 pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 24,5% siswa yang memperoleh nilai diatas 75 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Problem Solving Berbasis Media Audio Visual Pada Materi Keanekaragaman Makhluk Hidup dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Kooperatif tipe Problem Solving Berbasis Media Audio Visual Materi keanekaragaman Makhluk Hidup
Download berkas