SKRIPSI

Penulis / NIM
MINANGSI / 431407032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, S.Pd., M.Si / 0014097902
Abstrak
ABSTRAK Minangsi, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X Madrasah Aliyah Muhamadiyah Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dr. Lilan Dama, M.Pd. sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr. Dewi Wahyuni K Baderan, S.Pd, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) di kelas X madrasah aliyah muhamadiyah boliyohuto. Sampel penelitian ini adalah kelas XA Madrasah Aliyah Muhamadiyah Boliyohuto, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 14 orang, 8 orang siswa dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil dan pelaksanaannya dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan, siklus 2 dilaksanakan 1 kali pertemuan. Kriteria keberhasilan penelitian adalah 85% siswa memperoleh nilai â 75, serta pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa mencapai 85% maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 85.7%. Kata kunci : Guided Inquiry, hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011