Penulis / NIM
MINANGSI / 431407032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. DEWI WAHYUNI K BADERAN, S.Pd., M.Si / 0014097902
Abstrak
ABSTRAK
Minangsi, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X Madrasah Aliyah Muhamadiyah Boliyohuto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Gorontalo, dibawah bimbingan Dr. Lilan Dama, M.Pd. sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr. Dewi Wahyuni K Baderan, S.Pd, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) di kelas X madrasah aliyah muhamadiyah boliyohuto. Sampel penelitian ini adalah kelas XA Madrasah Aliyah Muhamadiyah Boliyohuto, tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 14 orang, 8 orang siswa dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil dan pelaksanaannya dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dilaksanakan 2 kali pertemuan, siklus 2 dilaksanakan 1 kali pertemuan. Kriteria keberhasilan penelitian adalah 85% siswa memperoleh nilai â 75, serta pengamatan terhadap kegiatan guru dan siswa mencapai 85% maka tindakan dinyatakan berhasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 85.7%.
Kata kunci : Guided Inquiry, hasil Belajar
Download berkas