Penulis / NIM
FEBRIYANTI / 431408021
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
Febriyanti. 2012. Pola Interaksi Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Kegiatan Lesson Study (LS) Berbasis MGMP IPA Di Kabupaten Gorontalo Tahun 2012. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Aryati Abdul, M.Kes.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola interaksi siswa pada pembelajaran IPA melalui kegiatan Lesson Study berbasis MGMP IPA di Kabupaten Gorontalo serta menganalisis dan mendeskripsikan pola interaksi siswa yang muncul selama kegiatan pembelajaran berlangsung.
Untuk mencapai tujuan dimaksud, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, dokumentasi dan wawancara. Observasi dan dokumentasi dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung sedangkan kegiatan wawancara dilakukan secara tidak terstruktur sebelum kegiatan pembelajaran dimulai. Observasi besifat partisipatif dengan mengisi lembar pengamatan aktifitas siswa dan dari hasil tersebut penulis dapat menentukan pola interaksi siswa yang muncul selama kegiatan pembelajaran.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh, selama kegiatan pembelajaran pada tahapan Lesson study I pola interaksi siswa yang muncul adalah pola interaksi Asimetris dan untuk tahapan Lesson study II dan III, pola interaksi yang muncul dalam pembelajaran adalah pola interaksi Shifting Simetris dan Simetris. Disarankan untuk kemudian penelitian ini dapat dilanjutkan dengan pengamatan efektifitas model pembelajaran terhadap pola interaksi siswa.
Kata Kunci : Aktifitas siswa dan Pola Interaksi Siswa dalam pembelajaran
Download berkas