Penulis / NIM
KARLINA / 431408039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
Karlina. 2014. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Statisfaction) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP N 9 Bongomeme kelas VIII. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr Lilan Dama, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar pada materi sistem pernapasan. Waktu penelitian selama 4 bulan dimulai dari bulan September sampai dengan desember 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan pengamatan kolaborator selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran arias dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dapat dilihat banyaknya siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran.
Kata kunci: Model Pembelajaran Arias, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan
Download berkas