SKRIPSI

Penulis / NIM
KARLINA / 431408039
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK Karlina. 2014. Penerapan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Statisfaction) Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Di SMP N 9 Bongomeme kelas VIII. Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr Lilan Dama, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dan hasil belajar pada materi sistem pernapasan. Waktu penelitian selama 4 bulan dimulai dari bulan September sampai dengan desember 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa setelah selesai tindakan dan pengamatan kolaborator selama pelaksanaan tindakan tiap siklus dengan menggunakan instrument observasi kegiatan guru dan siswa pada saat proses belajar mengajar di kelas. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran arias dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa dapat dilihat banyaknya siswa berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Model Pembelajaran Arias, Kreativitas Belajar, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011