SKRIPSI

Penulis / NIM
LIVY ISKANDAR NUSI / 431408045
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK Livy Iskandar Nusi. 2013. Deskripsi Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Melatih Kerja Ilmiah, Keterampilan Proses Sains dan Kognitif Siswa Pada Materi Protista di Kelas X.1 dan X.4 SMA Negeri I Telaga. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Aryati Abdul, M.kes, dan Pembimbing II Dr. Lilan Dama, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk melatih kerja ilmiah, keterampilan proses sains, dan kognitif siswa kelas X.1 dan X.4 SMA Negeri I Telaga. Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan instrumen-instrumen seperti tes keterampilan proses sains, lembar observasi aktivitas siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing, lembar kerja siswa, lembar observasi aktivitas guru dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan tes objektif.Kerja ilmiah di kedua kelas pada pertemuan pertama masing-masing mendapatkan skor 46% untuk aspek melakukan observasi, dan 35% untuk kemampuan mengkomunikasikan masalah dan hipotesis, sedangkan pertemuan kedua masing-masing 68% mengumpulkan data LKS dan 28,5 untuk kemampuan menyiapkan alat dan bahan. Keterampilan proses sains di kelas X.1 92% menguasai aspek keterampilan mengklasifikasi, sedangkan di kelas X.4 85,8% siswa menguasai aspek Interpretasi data. Untuk kognitif Siswa di kelas X.1 yang mendapat kategori baik sekali yakni 60%, sedangkan di kelas X.4 yakni 39% kategori baik. Hal ini disebabkan karena penerapan inkuiri terbimbing untuk melatih kerja ilmiah dan keterampilan proses sains dan kognitif siswa ini untuk pertama kalinya diterapkan di kelas sehingga siswa masih memerlukan penjelasan dan latihan lebih sering lagi, dengan begitu diharapkan siswa akan mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Kata Kunci : Pendekatan Inkuiri Terbimbing, Kerja Imiah, Keterampilan Proses sains, Kognitif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011