Penulis / NIM
MERLINDA LAUFI / 431408051
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstrak
Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui adanya pengaruh metode Brainstorming melalui kliping terhadap kemampuan memecahkan masalah pada materi pencemaran dan pelestarian lingkungan dan untuk mengetahui perbedaan kemampuan memecahakan masalah pada kelas yang menggunakan Brainstorming melalui kliping (Eksperimen) dengan kelas yang tanpa menggunakan Brainstorming melalui kliping (Kontrol). Populasi penelitian adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Alkhairat Pagimana. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Pretest-Postest Two Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, Pengaruh Metode Brainstorming Melalui Kliping Terhadap kemampuan Memecahkan Masalah dapat terlihat adanya perbedaan hasil kemampuan memecahkan masalah pada kedua kelas, rata-rata hasil kemampuan memecahkan masalah pada kelas eksperimen yang menggunakan metode Brainstorming melalui kliping yakni 81 lebih tinngi dibandingkan dengan rata-rata hasil kemampuan memecahkan masalah pada kelas kontrol tanpa menggunakan metode Brainstorming yang melalui kliping yakni 71. Dengan demikian, adanya perbedaan hasil kemampuan memecahkan masalah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan metode Branstorming melalui kliping terhadap kemampuan memecahkan masalah.
Download berkas