SKRIPSI

Penulis / NIM
NUR AIN M LOBO / 431408057
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. ARYATI ABDUL, M.Kes / 0015045912
Abstrak
ABSTRAK Nur’Ain M. Lobo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) pada Materi Sistem Peredaran Darah di SMA Negeri 1 Telaga, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Ani M. Hasan, M.Pd sebagai pembimbing I dan Ibu Dra. Aryati Abdul M.Kes sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya materi sistem peredaran darah dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together di kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Telaga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester ganjil dan pelaksanaanya dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I terdiri dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang berisi aspek-aspek kegiatan guru dan kegiatan siswa selama proses pembelajaran. Untuk evaluasi hasil belajar siswa dilakukan setiap akhir siklus pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar untuk kegiatan guru dan siswa pada siklus I oleh observer 1 dan 2 sebesar 86,6%, dan kegiatan siswa sebesar 88,6% sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I untuk ketuntasan belajar siswa jumlah prosentasi siswa yang mendapat nilai 78 ke atas mencapai 81,2% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan untuk hasil observasi aktivitas guru sebesar 98,3%. dan hasil observasi aktivitas siswa sebesar 97,7%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat menjadi menjadi 90,6%. Peningkatan ini disebabkan karena diadakannya refleksi pada siklus II untuk memperbaiki semua kekurangan pada siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi system peredaran darah. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Numbered Heads Together (NHT) dan Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011