SKRIPSI

Penulis / NIM
STEVANI ADAM / 431408084
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Pembimbing 2 / NIDN
ABUBAKAR SIDIK KATILI, S.Pd, M.Sc / 0017067905
Abstrak
ABSTRAK Stevani Adam 431 408 084, Efektivitas Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Strategi Mind Mapping dan Konvensional Pada Materi Pokok Ekosistem Suatu Penelitian eksperimen di SMP Negeri 1 Buntulia. Pembimbing I Dr. Lilan Dama, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Abubakar Sidik Katili,S.Pd.M.Sc. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Mind Mapping pada pembelajaran biologi materi ekosistem. Secara operasional tujuan penelitian ini untuk melihat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan strategi Mind Mapping dengan pembelajaran konvensional. Suatu penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Buntulia yang berjumlah 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Sampel yang di gunakan pada penelitian ini adalah kelas VII2 sebagai kelas yang akan mendapatkan perlakuan dengan strategi Mind Mapping, sedangkan kelas VII1 sebagai kelas dengan perlakuan pembelajaran konvensional dengan menggunakan metode ceramah. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara pengujian yang relevan yaitu uji t. Untuk menguji hipotesis digunakan analisis statistik uji beda dua rata-rata yaitu uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa di kelas yang menggunakan strategi Mind Mapping menunjukan skor tertinggi 95, nilai rentang 55 dan skor terendah 40 pada materi Ekosistem dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional menunjukan nilai tertinggi 65, nilai rentang 38 dan skor terendah 27 materi Ekosistem. Berdasarkan hasil temuan, maka disarankan menjadikan strategi Mind Mapping sebagai salah satu strategi pembelajaran dalam membantu siswa untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang berhubungan dengan materi yang masih sulit untuk dipahami sehingga siswa mampu belajar secara mandiri. Kata kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011