SKRIPSI

Penulis / NIM
SULASRIN HAKIM / 431408085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
Sulasrin Hakim. 2012. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Pendekatan Lingkungan pada Pembelajaran Biologi di SMP Negeri I Kabila, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan oleh Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing II Dr. Lilan Dama, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya materi ekosistem dan pencemaran lingkungan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together dengan pendekatan lingkungan di kelas VIIB SMP Negeri 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, penilaian LKS, penilaian diskusi dan tes akhir evaluasi pada setiap kali pertemuan dalam siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar untuk kegiatan guru pada siklus I oleh observer memperlihatkan kriteria baik dan sangat baik sebesar 57%, dan kegiatan siswa kriteria baik sebesar 7%, untuk hasil penilaian LKS mendapat kriteria dengan rerata nilai 81,6 sedangkan penilaian hasil diskusi mendapat kriteria dengan rerata 72,1%. Sedangkan pada siklus II untuk hasil penilaian LKS mendapat kriteria dengan rerata nilai 89,3 sedangkan penilaian hasil diskusi mendapat kriteria dengan rerata 85,3%. Pada proses belajar mengajar kegiatan guru kriteria baik sekali dan baik sebesar 100% dan kegiatan siswa kriteria baik sekali dan baik sebesar 86%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 75% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 88%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan pendekatan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa khususnya pada materi ekosistem dan pencemaran lingkungan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Cooperative Numbered Heads Together (NHT), Pendekatan Lingkungan, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011