SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSILAWATI ARSAD / 431408088
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
MUHAMMAD, S.Pd., M.Pd / 0001077303
Abstrak
ABSTRAK Susilawati Arsad. 2013. Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Tumbuhan di SMP Negeri I Kabila, Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan oleh Prof. Dr. Ani M Hasan, M.Pd sebagai pembimbing I dan pembimbing II Sari Rahayu Rahman, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya materi gerak tumbuhan dengan dengan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di kelas VIIE SMP Negeri 1 Kabila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes akhir evaluasi pada setiap kali pertemuan dalam siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar untuk hasil kegiatan guru pada siklus I pertemuan I oleh observer I dan II sebesar 83,3%, dan hasil kegiatan siswa pada siklus I pertemuan I oleh observer I dan II sebesar 81,2%, dan untuk hasil kegiatan guru pada siklus I pertemuan II oleh observer I dan II sebesar 90%, dan hasil kegiatan siswa pada siklus I pertemuan II oleh observer I dan II sebesar 86,36%. Sedangkan pada siklus II untuk hasil kegiatan guru pada siklus II pertemuan I oleh observer I dan II sebesar 96,7% dan kegiatan siswa pada siklus II pertemuan I oleh observer I dan II sebesar 95,45%, dan untuk hasil kegiatan guru pada siklus II pertemuan II oleh observer I dan II sebesar 100%, dan hasil kegiatan siswa pada siklus II pertemuan II oleh observer I dan II sebesar 100%. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 66,7% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 89%. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar siswa pada materi gerak tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi tumbuhan. Kata Kunci : Lingkungan Sebagai Sumber Belajar, Hasil Belajar Siswa
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011