Penulis / NIM
MAWADDA DAUD / 431409015
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. LILAN DAMA, S.Pd., M.Pd / 0011017701
Abstrak
ABSTRAK
Mawadda Daud. 2013. Deskripsi Kesadaran Metakognitif Siswa dan Guru pada Pembelajaran Biologi. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan IPA, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Elya Nusantari, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Lilan Dama, S.Pd, M.Pd. Penelitian bertujuan mengetahui tingkat kesadaran metakognitif siswa dan guru dalam pembelajaran biologi, implementasi kesadaran metakognitif siswa dan guru dalam pembelajaran biologi, mendeskripsikan kesadaran metakognitif siswa berdasarkan jenjang kelas siswa dan asal sekolah serta mendeskripsikan kesadaran metakognitif guru berdasarkan lama mengajar. Jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner MAI dan angket strategi pengelolaan belajar. Data disajikan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dalam bentuk porsentase (%). Kesadaran metakognitif dikelompokkan berdasarkan klasifikasi menurut Schraw & Dennison. Hasil penelitian menunjukkan, kesadaran metakognitif siswa pada pelajaran biologi sudah berkembang baik yaitu 80% untuk siswa SMU Negeri 2 Gorontalo dan 75% untuk siswa SMK Negeri I Batudaa. Kesadaran metakognitif berdasarkan jenjang kelas yaitu kelas X SMU Negeri 2 Gorontalo 78% dan kelas XI 80%. Kesadaran metakognitif siswa kelas X SMK Negeri I Batudaa 71% dan siswa kelas XI 78%. Kesadaran metakognitif guru biologi SMU Negeri 2 Gorontalo dan SMK Negeri I Batudaa dikategorikan berkembang sangat baik,yaitu 94% untuk guru SMU Negeri 2 Gorontalo dan guru biologi SMK Negeri I Batudaa 81%. Kesadaran metakognitif guru diatas 10 tahun mengajar 92.23% dan guru yang kurang dari 5 tahun mengajar memiliki kesadaran metakognitif 84.65%.
Kata Kunci : kesadaran metakognisi, pembelajaran biologi
Download berkas