Penulis / NIM
SRINURLAILA ALI / 431409017
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN BIOLOGI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hj. ANI M HASAN, M.Pd / 0020086606
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. ELYA NUSANTARI, S.Pd, M.Pd / 0017097206
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan melalui penerapan strategi belajar mind mapping dan metode praktikum di kelas XI Ipa 1 SMA Negeri 1 Botumoito. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dilakukan dalam dua siklus, pada siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes akhir evaluasi pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar mengajar untuk hasil kegiatan guru pada siklus I aspek yang terlaksana yaitu 89,7 % meningkat pada siklus II menjadi 98.1 %. Untuk hasil observasi kegiatan siswa mengalami peningkatan, pada siklus I aspek yang terlaksana yaitu 84,6 % meningkat pada siklus II menjadi 95,8 %. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh ketuntasan 80,7% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,0%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan strategi belajar mind mapping dan metode praktikum pada mata pelajaran biologi yang khususnya materi stuktur dan fungsi jaringan tumbuhan di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Botumoito dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.Kata Kunci : Strategi Mind Mapping, Metode Praktikum, Pemahaman Konsep, StrukturDan Fungsi Jaringan Tumbuhan
Download berkas